ADS LEVEL PAGE WAJIB BACA !!! PERTOLONGAN PERTAMA PASIEN SERANGAN JANTUNG | Satu Klik Untuk Anda Sehat

WAJIB BACA !!! PERTOLONGAN PERTAMA PASIEN SERANGAN JANTUNG

in article

Wajib Tahu! Ini Pertolongan Pertama pada Pasien Serangan Jantung


Foto: thinkstockFoto: thinkstock
Jakarta - Ketika melihat ada orang yang mengalami gejala khas serangan jantung, pertolongan pertama menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Nah, apa yang bisa Anda lakukan?

Menurut dr Isman Firdaus, SpJP, MD, gejala khas serangan jantung di antaranya yakni nyeri dada, keringat dingin, rasa nyeri menjalar ke berbagai bagian tubuh, yang semuanya berlangsung terus-menerus hingga lebih dari 20 menit. Ketika itu terjadi, ada beberapa pertolongan pertama yang perlu dilakukan.

"Ya benar, gejala sakit dada hebat seperti di atas yang disertai keringat dingin merupakan gejala khas untuk serangan jantung atau dalam istilah kedokteran disebut sindroma koroner akut (SKA). Ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika pasien masih sadar," ungkap dr Isman.

Yang utama, Anda harus pastikan pasien tetap tenang dan istirahat segera. Hindari aktivitas apapun yang memperberat penyakit seperti mengedan (atau mengejan). Sambil memanggil pertolongan medis atau ambulans, usahakan posisi pasien berbaring setengah duduk.

"Berikan jika pasien mempunyai obat golongan nitrat seperti isosorbid dinitrat atau cedocard merek obat golongan sejenis. Jika pasien punya obat golongan aspilet, dapat juga dikonsumsi dengan dosis 80-160 mg. Hindari konsumsi makanan, jangan berlebihan minum juga," imbuh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita tersebut.

Jika memungkinkan, segera ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan rekam listrik jantung segera. Tindakan ini bisa dilakukan dengan alat elektrokardiografi atau EKG.

"Jangan lupa hindari tidur rebahan terlentang, tidur harus posisi duduk atau setengah duduk ya," pesan dr Isman.

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/3521954/wajib-tahu-ini-pertolongan-pertama-pada-pasien-serangan-jantung

Bila ada pertanyaan lebih lanjut, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.
Akuinginsehatdankuat.blogspot.com tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WAJIB BACA !!! PERTOLONGAN PERTAMA PASIEN SERANGAN JANTUNG"

Posting Komentar

floating