ADS LEVEL PAGE WAJIB BACA !!! PERTOLONGAN PERTAMA SAAT KEPALA TERBENTUR | Satu Klik Untuk Anda Sehat

WAJIB BACA !!! PERTOLONGAN PERTAMA SAAT KEPALA TERBENTUR

in article

6 Pertolongan Pertama Saat Kepala Terbentur


Kepala Anda Pernah Terbentur? Hati-Hati Alzheimer!
Sumber Gambar : www.klikdokter.com

Pertolongan pertama saat kepala terbentur adalah informasi bagaimana anda perlu memberikan pengobatan ketika anda terbentur di bagian kepala. Anda tentu pernah mengalami benturan di kepala atau dalam istilah masyarakat kejedot. Benturan ini bisa terjadi antara kepala dengan benda mati, kepala dengan kepala orang lain, atau pun benturan akibat kecelakaan. Hal ini dijelaskan sebagai adanya tabrakan antara kepala seseorang dengan objek lain (bisa benda atau kepala) yang dengan demikian membuat seseorang mengalami kecelakaan dan efek pada kepalanya. Tentunya kepala terbentur ini akan menimbulkan efek sakit kepala yang paling umum.

Benturan adalah kondisi yang disebabkan oleh kecerobohan seseorang dalam melakukan tindakan. Macam macam kecerobohan tersebut dapat dikategorikan sederhana pun juga sangat fatal. Contoh kecerobohan tersebut antara lain adalah kecelakaan, jatuh dari tangga, terbentur tembok, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika telah terjadi kecerobohan, maka hasilnya akan membuat kepala terbentur dan mengalami gangguan kesehatan pada bagian kepala, otak, dan saraf. Tahukah anda bagaimana anda dapat mencegah hal itu terjadi pada anda? Tentunya adalah dengan melakukan beberapa pertolongan pertama saat kepala terbentur.
Ada banyak jenis pertolongan pertama yang dapat anda berikan segera ketika anda baru saja mengalami benturan di kepala. Informasi yang bermanfaat ini tidak hanya bermanfaat untuk diri anda sendiri, namun dapat juga bermanfaat untuk anda membantu menyelamatkan orang lain yang mengalami kecelakaan di bagian kepala. Oleh sebab itu, dirasa penting agar informasi ini dapat tersampaikan dengan baik. Sayangnya, ada banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan macam macam pertolongan pertama sekaligus cara mengobati sakit kepala yang terjadi akibat benturan ini. Tahukah anda kira kira apa saja macam macam jenis pertolongan pertama tersebut? Jika anda belum mengetahuinya, maka simaklah penjelasan mengenai 6 cara pertolongan pertama dapat diberikan pada korban benturan kepala yang dijamin aman dan rekomendasi untuk dilakukan.
6 Pertolongan Pertama Saat Kepala Terbentur
Pada bagian sebelumnya, dijelaskan bahwa jika kepala terbentur dan tidak segera dilakukan pertolongan pertama maka akan ada efek samping yang dirasakan oleh kepala. Salah satunya adalah efek sakit kepala yang sangat menyiksa. Namun, efek yang berbahaya mungkin saja berupa gegar otak ataupun masalah lain yang menimbulkan kematian. Itulah alasannya mengapa pertolongan pertama untuk sakit kepala ini perlu diketahui oleh anda. Apa saja kira kira jenis pertolongan pertamanya?
1. Kompres dengan Nasi Hangat
Pertolongan pertama dapat anda berikan dengan mengompres kepala yang terbentur menggunakan nasi hangat. Cara menghilangkan dengan obat sakit kepala tradisional akibat benturan ini memang sangat disarankan untuk anda coba. Anda hanya perlu menyiapkan kantung tempat menyimpan nasi hangat dan tempelkan kantung itu dibagian kepala anda yang terbentur. Tekan beberapa kali untuk menghindari pembekuan darah di dalam kepala.
2. Memijat Bagian yang Memar
Pertolongan lain yang dapat anda berikan ketika mengalami benturan di kepala adalah dengan memberikan pijatan halus di bagian yang memar. Memijat bagian kepala ini tidak bisa sembarang dilakukan. Oleh sebab itu, ketahuilah titik pijatan yang dapat mengurangi sakit kepala akibat benturan yang baru saja anda alami tersebut. Cara ini kemudian dikenal dengan cara menghilangkan sakit kepala dengan pijatan di beberapa titik tertentu.
3. Menggunakan Khasiat Air Hangat
Cara mengobati sakit kepala akibat benturan lain yang dapat anda coba adalah dengan menggunakan khasiat air hangat. Anda tentu tahu bahwa air hangat merupakan bahan alami yang memiliki khasiat sangat banyak. Salah satu khasiatnya adalah dalam hal menghindarkan kepala dari rasa sakit dan memar setelah terbentur. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat dan mengambilnya untuk diusapkan di bagian kepala anda beberapa kali.
4. Merilekskan Tubuh dan Pikiran
Tubuh dan pikiran setelah mengalami benturan tidak boleh tegang. Ketegangan ini kemudian akan menyebabkan sakit kepala tegang. Oleh sebab itu, lakukanlah berbagai cara mengatasi sakit kepala tegang yang dapat anda manfaatkan. Tubuh dan pikiran anda pun dapat kembali rileks dan efek benturan pun dapat segera hilang.
5. Gunakan Balsam untuk Mengatasi Benturan
Balsam juga diketahui dapat dikombinasikan dengan cara pijatan sebelumnya. Seperti diketahui, pijatan dapat lebih efektif dan terasa khasiatnya dengan menggunakan balsam ini. Balsam akan memudahkan pijatan dilakukan sekaligus panasnya balsam dapat membantu proses penyembuhan benturan menjadi lebih cepat untuk dilakukan.
6. Memeriksakan Benturan ke Dokter
Cara terakhir jika semua pertolongan pertama yang telah anda lakukan sudah selesai, maka segeralah periksakan benturan anda ke dokter. Mungkin saja ada hal-hal yang terjadi yang dapat membahayakan anda dan perlu dilakukan CT scan kepala. Pastikan untuk mencari tahu apa kemungkinan dari benturan menjadi penyakit yang berbahaya ada atau tidak.
4 Kondisi Akibat Pertolongan Pertama Terlambat Diberikan
Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, jika pertolongan pertama saat kepala terbentur tidak dilakukan akan ada bahaya kesehatan yang mengancam. Bahaya tersebut dapat dijelaskan dalam 4 kondisi berikut ini yang terjadi karena terlambatnya pertolongan medis diberikan.
1. Penyempitan Pembuluh Darah
Pertolongan pertama yang tidak anda lakukan atau terlambat dilakukan pertama dapat menimbulkan resiko penyempitan pembuluh darah. Pasalnya, pembuluh darah ini akan mengalami efek dari benturan yang terjadi di bagian bagian kepala anda. Sehingga, tidak aneh rasanya jika penyempitan pembuluh darah terjadi akibat memar memar di kepala anda. Lebih lanjut, penyempitan pembuluh darah pun dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya.
2. Terjadi Gegar otak
Kondisi gangguan kesehatan lain seperti gegar otak dapat terjadi sebagai akibat terbenturnya kepala anda dengan suatu benda atau dalam suatu kecelakaan. Maka selanjutnya seseorang bisa saja mengalami gegar otak ini dan mengenai ke saraf otak pusat. Sehingga bila sudah terkena saraf otak pusat benturan ini dapat menimbulkan hilang ingatan atau kehilangan kesadaran. Namun, jika benturan hanya ringan dan tidak menimbulkan gegar otak, maka anda dapat bertenang diri kembali.
3. Terjadi Memar Parah di Kepala
Jika kepala anda terbentur dengan sangat keras dan tidak ada pertolongan pertama yang anda lakukan, maka akan ada akibat berupa kondisi kepala yang memar. Kondisi kepala memar ini dapat digambarkan sebagai terjadinya pembekuan darah di otak. Hasilnya membuat kondisi otak seperti memiliki warna dominan biru ke ungu-unguan yang artinya bagian otak memar. Efek sampingnya adalah ketika sedang melakukan proses berpikir, akan terjadi sakit kepala berlebihan ataupun dikenal juga sebagai penyebab sering sakit kepala dan mual yang mengikutinya.
4. Terjadi Gangguan Penglihatan
Mata adalah organ yang juga ada di kepala. Jika benturan terjadi dan menyerang saraf mata maka wajar saja terjadi gangguan penglihatan. Apalagi ketika anda tidak melakukan pertolongan pertama. Maka jangan aneh jika mata bahkan mungkin akan kehilangan fungsinya menglihat dengan jelas karena ada hubungan sakit kepala dengan mata. Oleh karena itu, segera lakukan upaya pertolongan sebisa mungkin untuk menyelamatkan penglihatan anda.
Demikianlah tadi informasi lengkap mengenai apa saja pertolongan pertama saat kepala terbentur yang dapat anda lakukan, serta apa saja akibat jika anda tidak melakukan pertolongan pertama tersebut. Semoga informasi yang sangat bermanfaat ini sesuai dengan kebutuhan informasi anda. Akhirnya, pastikanlah diri terhindar dari berbagai kecelakaan dan resiko kepala mengalami benturan. Hal ini penting untuk menjaga organ organ penting di kepala. Jika telah terjadi kecelakaan atau benturan yang tidak bisa dihindari, maka pastikanlah untuk dapat segera memberikan pertolongan pertama saat kepala terbentur yang sudah dijelaskan di bagian atas
Sumber : http://drsakitkepala.com/pertolongan-pertama-saat-kepala-terbentur

Bila ada pertanyaan lebih lanjut, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.
Akuinginsehatdankuat.blogspot.com tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WAJIB BACA !!! PERTOLONGAN PERTAMA SAAT KEPALA TERBENTUR"

Posting Komentar

floating