ADS LEVEL PAGE WAJIB BACA !!! Langkah Mudah Cegah Jerawat | Satu Klik Untuk Anda Sehat

WAJIB BACA !!! Langkah Mudah Cegah Jerawat

in article

8 Langkah Mudah Mencegah Jerawat Kambuh



Image result for atasi jerawat

Jerawat adalah masalah membandel bagi banyak orang. Selain sakit, jerawat juga menganggu penampilan dan tidak percaya diri. Tenang. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk mencegah jerawat. Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Mencegah jerawat muncul dengan delapan langkah tepat

1. Rajin cuci muka

Cuci muka dua kali sehari setiap hari, setiap pagi dan malam sebelum tidur, adalah langkah terpenting untuk mencegah jerawat. Jangan lupa juga untuk bersihkan dulu wajah Anda dari makeup, keringat, dan debu jalanan dengan menggunakan toner pembersih.
Yang peerlu dicatat, pastikan sabun cuci muka yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Misalnya jika wajah Anda berminyak, gunakan sabun pembersih gel atau foam, sementara jika kulit Anda kering gunakan yang jenis krim atau lotion.
Rajin cuci muka menggunakan pembersih yang tepat dapat menjadi langkah dasar Anda untuk mencegah jerawat datang.

2. Eksfoliasi kulit Anda

Tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia yang serba panas dan lembap bisa bikin kulit kering rentan mengelupas. Jika dibiarkan saja, lapisan sel kulit mati tersebut bisa menutup pori-pori dan bercampur dengan keringat, minyak, serta debu sehingga tumbuh jadi jerawat.
Maka, rutinlah mengeksfoliasi wajah untuk mengelupaskan kulit mat. Eksfoliasi juga berguna untuk mengencangkan pori-pori serta menyegarkan kulit wajah. Kulit Anda nantinya akan bersinar, sehat dan tanpa jerawat.

3. Gunakan tabir surya  setiap hari

Salah satu perawatan wajah penting untuk mencegah jerawat adalah dengan memakai suncreen atau tabir surya Pasalnya, sinar matahari bisa menyebabkan dampak serius jika langsung menerpa kulit. Lalu, bila Anda baru saja melakukan eksfoliasi kulit seperti langkah mencegah jerawat di atas, Anda wajib menggunakan lotion tabir surya.

4. Jangan sering-sering menyentuh wajah

Siapa yang suka menyentuh wajah? Ya, kebiasaan ini tanpa disadari sangat rentan menimbulkan jerawat. Pasalnya, pada tangan terdapat bakteri dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori di kulit. Tak jarang bakteri bisa berpindah ke kulit dan akhirnya menimbulkan jerawat. Maka ada baiknya Anda hindari sebisa mungkin memegang wajah tanpa cuci tangan sebelumnya.

5. Jaga asupan makan yang sehat  

Menjaga pola makan sangatlah penting untuk kesehatan kulit. Pasalnya, orang yang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi lebih sering terkena jerawat daripada yang tidak. Contoh makanan atau minuman dengan indeks glikemik tinggi adalah keripik, makanan panggang yang menggunakan tepung putih, dan minuman bersoda. Makanan dan minuman ini cenderung kurang bergizi namun dapat meningkatkan gula darah secara cepat. Ada baiknya Anda mulai mengonsumsi makan makanan seperti sayuran, buah, dan makanan yang dikukus atau rebus. Jangan lupa juga cukupi asupan cairan tubuh Anda untuk menjaga setiap organ tubuh tetap bekerja dengan baik.

6. Jangan sering-sering pakai make up

Memang sangat menggoda menutupi jerawat dengan make up. Namun, Anda sudah pasti tahu, kalau hal itu bisa membuat jerawat semakin parah. Maka dianjurkan untuk menggunakan make up sejarang dan setipis mungkin. Makeup yang tebal juga dapat membuat pori-pori kulit tersumbat dan akhirnya timbul jerawat.

7. Kendalikan stres Anda

Jerawat bisa bermunculan ketika Anda stres akibat hormon tubuh yang tidak seimbang. Untuk mencegah jerawat hormon datang menyerang, kendalikan tingkat stres And dengan tidak lupa melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia di sela-sela kesibukan. Misalnya, mendengarkan musik, meditas, membaca buku, jalan-jalan, hingga nonton film komedi. Banyak-banyaklah tersenyum dan tertawa, karena tertawa pun bermanfaat bagi kesehatan Anda.

8. Olahraga

Olahraga bisa membantu mengurangi stres yang sering membuat jerawat bermunculan. Selain itu, aktivitas fisik dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi yang menjaganya tetap sehat dan mencegah jerawat.
Perlu diingat juga, bahwa Anda harus segera mengeringkan badan dan mandi setelah berolahraga. Hal ini mencegah jerawat datang karena disebabkan oleh keringat dan pakaian yang kotor sehabis berolahraga.
Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/8-langkah-untuk-mencegah-jerawat/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WAJIB BACA !!! Langkah Mudah Cegah Jerawat"

Posting Komentar

floating